Diposting oleh On 19.37.00 with No comments


Cara Mengatasi Ulasan Singkat / Deskripsi / Snippet Yang Hilang Pada Homepage Blog


Selamat malam sobat blogger, Langsung saja pada intinya. Pada hari ini saya cek ada beberapa blog yang mengalami perubahan pada halaman depannya, yaitu deskripsi singkat atau bisa dibilang snippet pada home page blooger banyak yang hilang, Kosong hanya ada judul dan gambar saja seperti gambar dibawah ini.


Entah kenapa sebabnya, saya juga belum tahu, yang jelas saya sedikit kebingungan karena saya bukan ahli blogger bahkan saya sempat berfikir apa harus ganti template saja? Tapi jika ganti template saya khawatir visitor akan anjlok. jadi saya memutuskan mencari cara dan sedikit tanya-tanya di forum. Akhirnya saya menemukan solusinya.

Entah work untuk semua template atau tidak, tapi tidak ada salahnya dicoba dulu bukan. Dengan cara ini, template yang saya gunakan sekarang ini berhasil dan deskripsi / snippet kembali muncul.

Selain itu disini kalian bisa menentukan berapa jumlah karakter yang akan tampil pada homepage tersebut. Biasanya secara default, kebanyakan template hanya memiliki deskripsi snippet berkisar 100 karakter. Menurut saya 100 karakter tersebut kurang dalam hal memenuhi aspek SEO. Oleh sebab itu saat ini saya akan membagikan bagaimana cara agar deskripsi postingan pada homepage blog dapat kita ubah panjangnya / banyaknya karakter sesuai keinginan kita. Tutorial ini saya peroleh dari thread seorang template developer di situs Forum Google.

Caranya yaitu dengan mengganti beberapa tag HTML dan beberapa tambahan Javascript. Langsung ikuti saja langkah-langkahnya dibawah.

1. Cari dan ganti semua kode <data:post.snippet/> dengan kode berikut ini :

<div expr:id='&quot;summary&quot; + data:post.id'><data:post.body/></div>
<script type='text/javascript'>createSnippet(&quot;summary<data:post.id/>&quot;);</script>
Catatan : Jika tidak ketemu kode <data:post.snippet/>, maka silahkan cari dan ganti kode berikut ini :
<div class='post-snippet' expr:data-snippet='data:post.snippet'/>
atau
<meta expr:content='data:post.snippet' name='description'/>

2. Kemudian Letakkan javascript dibawah ini tepat diatas kode </head>

<script type='text/javascript'>
snippet_count = 200;
//<![CDATA[
function removeHtmlTag(strx,chop){
if(strx.indexOf("<")!=-1)
{
var snippet = strx.split("<");
for(var i=0;i<snippet.length;i++){
if(snippet[i].indexOf(">")!=-1){
snippet[i] = snippet[i].substring(snippet[i].indexOf(">")+1,snippet[i].length);
}
}
strx = snippet.join("");
}
chop = (chop < strx.length-1) ? chop : strx.length-2;
while(strx.charAt(chop-1)!=' ' && strx.indexOf(' ',chop)!=-1) chop++;
strx = strx.substring(0,chop-1);
return strx+'...';
}
function createSnippet(pID){
var div = document.getElementById(pID);
var summ = snippet_count;
var summary = '<div class="snippets">' + removeHtmlTag(div.innerHTML,summ) + '</div>';
div.innerHTML = summary;
}
//]]>
</script>

Keterangan : Bila pada template kalian sudah memiliki kode javascript tersebut, maka silahkan ganti saja jumlah karakter snippetnya. Untuk menambah atau mengurangi jumlah karakter silahkan ubah angka 200 pada kode snippet_count = 200. 

3. Dan simpan template

Sekarang silahkan buka blog dan lihat apakah deskripsi postingan pada homepage sudah berubah atau belum.

Selesai, Semoga berhasil.
Demikian Cara Mengatasi atau Tutorial Memperbaiki Masalah Deskripsi Snippet yang hilang. Apabila kurang jelas silahkan kirimkan pertanyaan melalui kolom komentar.
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »